BIS BER-AC

Bis, salah satu kendaraan umum paling keren, kuat, tahan lama (lama-lama kaya toko obat kuat nih gue) juga paling MURAH, iya murah karena saat jaman itu gue sekitar kelas 4 SD pulang kerumah menggunakan bis cuma bayar 2000 perak. Sekolah gue di daerah Dadali dan rumah gue di Cicadas. Selain murah, bis ini memiliki AC! Gimana gak keren karena pada jaman nya bis ini menjadi primadona kota Bandung disamping fasilitasnya yang jauh lebih baik.

Saat itu jarak antara Dadali ke Cicadas sejauh 7 kilometer. Mungkin anak seusia gue dulu itu udah kaya pulang kampung. Paginya gue berangkat sekolah bareng adik dan kakak di tambah babeh dengan motor andalannya saat itu yang di beri nama hokaido. Lu bisa bayangin jarang sejauh itu motor kecil kaya nenek reyod di paksa nampung 4 orang dari Cicadas ke Dadali. saat itu posisinya depan banget adik gue, yang kedua babeh selaku supir, ketiga gue dan keempat kakak gue yang sudah SMP. 

Semenjak pindah rumah ke Cicadas, gue adalah murid paling telat datang ditambah hukuman dari guru kesayangan gue karena gak bikin PR. "Mati Gue" dalam hati bergumam inget karena hari ini pelajaran Bu Seni, guru agama yang setiap hari ngasih PR udah kaya seorang senior ngasih tugas buat naik tanjakan cadas pangeran.
"Fikri, kamu telat lagi, PR udah di kerjakan?" tanya dia dengan nada sinis
"Aduh Bu, lupa" Sial gumam gue. 
"Yasudah kedepan kamu" 
"Iya, Bu" Kata gue,
Gue pun kedepan dan sialnya gue sendiri yang ga ngerjain. Temen-temen gue semisal si Heru, Reza, Gerdi dll mungkin mereka mengerjakan PR di sekolah dengan sempet-sempetnya. Saat di depan sendirian, gue memasang muka awkward dengan pose kaya maho yang siap cabulin tante germo. Si Ibu pun melontarkan pertanyaan ke gue kalo bisa jawab gue bisa duduk ke bangku.
"Kamu gak bisa jawab?!!" tanya si ibu dengan suara keras layaknya TOA, 
"Anu, Bu, bu-bukan gitu, saya lupa" jawab gue, saat itu gue lupa dia ngasih pertanyaan apa. 
"Kamu sering belajar ga di rumah?" 
"Ka-kadang Bu" jawab gue sambil ngeliat temen-temen gue yang kayanya puas liat gue menderita. 
"Bilang aja ga pernah!" kata dia dengan nada sadis ala afgan.
Gue diem 
"Yaudah duduk sana, lain kali jangan lupa!" Kata dia lagi. 
"Iya, Bu" jawab gue.
Momen paling memalukan saat itu dimana gue telat, pake jaket ala orang eskimo salah tempat juga di setrap gara-gara ga bikin PR. Kalo anak gue tahu ayahnya dulu kaya gitu gue bilang "Ayah dulu kaya gitu karena terlalu keren, Bu guru seneng liat ayah karena mirip anjasmara jadi ayah di setrap biar deket sama Bu guru" sungguh kebohongan yang tidak mendidik.

V_____V 

Nah ini yang gue tunggu, pulang sekolah. Gue sebenernya gamau pulang soalnya gue pengen maen PS Yu Gi Oh di rumah si Heru sama mengaji namun gue udah mantapkan diri buat pulang aja karena rindu rumah. Sebelumnya sih gue merasa bersalah karena si Heru seperti ditinggal sama gue, wajar rumah nenek gue dan dia deketan jadi apapun dan kemanapun gue maen sama mahluk amis budi ini.

Gue bergegas ke rumah nenek dan ganti baju terus berpamitan sama nenek gue. Dalam hati gue agak ragu juga kalo si Heru "nyampeur" kerumah gimana dan pelajaran mengaji gue berantakan. Tapi yasudahlah, gue udah siap-siap pulang naik bis ber-AC dengan gaya emo celana pendek kaus kaki ke atasin banget, sungguh katro.
"Hati-hati nyebrang ke pangkalannya" kata nenek gue.
"Iya, nek asalamualaikum" kata gue melambai dadah ke dia.
"Walaikumsalam, salam buat mamah"
"Iya, nek" Jawab gue.
Gue sampai ke pangkalan sekitar 15 menit. Pangkalannya deket sekolah gue, yaitu di jalan Rajawali Barat. Gue sempet heran, kenapa daerah-daerah sekolah dan rumah namanya burung semua. Misal, sekolah gue namanya SDN Garuda, jalan Dadali. Perumahan deket rumah gue di kasih nama pelikan, flaminggo, srigunting. Kenapa ga sekalian aja jalan Emak Suka Burung Cabe-Cabean? abaikan imajinasi gue ini. 

Gue duduk di paling belakang dan bis masih sepi. Gue sambil makan (kalo gasalah) gorengan. Setelah berlama dan berlarut satu persatu penumpang naik dan bis pun jalan. AC adem dengan suasana musik klasik yang kalo gasalah nadanya tuh "nothing's gonna change my love for you" gua gatau lagu siapa karena merasa sejuk dan enak, mungkin sekitar daerah kosambi saat itu gue TERTIDUR PULAS!

Saat itu gue termakan lamunan musik klasik di tambahn godaan birahi AC yang sejuk menjadikan gue ga berdaya dan seperti mabok dalam bis. Dalam petualangan tidur gue, gue bermimpi bertarung sama monster capung. Entah kenapa jadi mimpi itu mungkin sebelumnya gue terganggu sama capung yang masuk ke bis saat gue nunggu.

"SYAT-SYAT SHINING SWORD BREAKER!!!" kata gue ke si capung sial. Saat itu kalo gasalah SHINING SWORD BREAKER adalah jurus andalan di film Crush Gear. Dalam mimpi gue terus nyerang si capung yang kalo gasalah gue inget-inget namanya Capung Gila. Si capung sial itu bilang "kau tak bisa mengalahkanku" setelah dia ngebacot itu ilang sudah. Ga ngerti gue ini arti mimpi apaan.

V_____V 

Berlarut-larut gue di alam mimpi sampai gue mimpiin Bu Seni tadi yang nyetrap gue tapi anehnya gue malah di suruh break dance sama si Ibu. Kadang ngingetin mimpi-mimpi gue selama ini emang gak beres jalan ceritanya, seakan ceritanya itu ga nyambung kaya sinetron ga bermutu.

Gue pun bangun gara-gara si kondektur bis mau nurunin penumpang. Gue saat itu puas tidur dan bangun dengan belek yang udah tertanam seperti madu perhutani dan pulau yang tercipta di senderan kursi bis. Maaf yah Damri gue bikin pulau gede tanpa perijinan dulu. Sesaat sadar, ANJRIT gue kejauhan dan hampir ke stasiun Cicaheum!!!
"Pak, kiri pak kiri!!!" kata gue sambil bangkit dari peraduan.
"oh iya dek iya disini" kata si kondektur.
"Iya pak cepet pak kiri kiri" kata gue panik at disko.
Bis pun berhenti dan gue keluar dari bis dengan panik. Lokasi gue turun bener-bener mau nyampe ke stasiun Cicaheum. Kalo di hitung jarak dari lokasi gue turun dari bis murtad itu sampai ke rumah gue kira-kira seperti dari BIP (Bandung Indah Plaza) ke patung sepak bola yang disebut-sebut itu patung Adjat Sudrajat (mitosnya sih begono).

Cuaca panas dan gue lemah ga berdaya hanya bergumam di dalam hati "Tuhan turunkanlah sebuah sepedah dari langit" namun gue sadar saat itu gue belum bisa naik sepeda. 

Dalam hal ini gue tersadar dan dapat pelajaran berharga bahwa "Saat loe tidur pules, coba jangan tertidur terlalu dalam, karena apa? Loe gakan tau kapan loe mau bertanggung jawab dengan pulau yang loe buat secara tanpa sadar"

Komentar

Postingan Populer