TERBALIK!

Masa sekolah memang sebuah masa yang indah. Saat itu gue inget-inget dulu kalo gak salah tahun 2008 gue mulai masuk SMA di salah satu sekolah swasta yang beken (katanya sih). Gue masuk kesini bukan karena pure keinginan sendiri, melainkan karena gue ditolak di beberapa SMK negeri ternama. Saat itu gue mengikuti jejak temen kecil gue yang bernama Heru.

Kalo diingat-ingat gue pernah testing ke salah satu SMK di daerah Gatsu (Gatot Subroto). Aje gile emang, gue sempet mikir ini sekolah apa tempat ngurusin listrik, penuh banget. Gue kesana bareng babeh tercinta.
“Pa, yakin ini sekolahnya? Saingannya berat pasti”  
“Udah tenang aja lah kan ada si Herdi disini” katanya
Herdi adalah saudara gue dari keluarga si babeh. Katanya sih masuk ini sekolah gampang. Gue semakin optimis saat itu. Saat itu pula yang harus kalian tahu, gue lagi sakit demam dan demi mengikuti tes ini gue kuat-kuatin aja meski mungkin orang ngeliat gue dan berkata “kasian banget tuh anak, kurang makan apa di gigit cacing kremi, pucet amat”
“Ayo para peserta anak didik baru urutan 100-120 berkumpul” kata salah satu petugas.
Gue pun ikut berkumpul karena nomor urut gue itu di urutan 110. Gue pun bergegas dengan semangat dan tenaga seadanya karena badan gue saat itu seperti kadal kepanasan di gurun sahara.
“Ayo sudah berkumpul dan sekarang buka baju yah” 
“Hah, pak? Buka baju disini? Semua?” kata gue heran. 
“Iya, kita tes fisik dulu” katanya dengan manis ala guru killer.
Gue udah ga enak hati, di saat fisik gue emang kaya kadal kepanasan dan ditambah kondisi kesehatan gue, gue kuatin aja dan ikut instruksi petugas. Petugas pun memberikan berbagai tes seperti push up, sit up, lay up, slam dunk (lah kok nyambung sama basket). Saat itu gue udah ga kuat secara kondisi kesehatan gue yang sedang demam.
“Ini tes terakhir yah kalo bisa nahan ini berarti kalian emang laki” 
“Ini tes masuk sekolah apa tes masuk tentara Somalia sih?” Gumam gue dalem hati. 
“Ayo coba yah pegang besi ini ntar sama bapak Tarik-tarik gt. Kalo kuat berarti kalian lulus tes” 
“Iya pak” barengan sama anak-anak lain biar ga kelihatan lemah.
Satu per satu para calon peserta a.k.a sangan-saingan gue di tes. Wah pada berhasil. Gue langsung tersugesti klo tes kek model ginian pasti mudah. Gue pun semakin belagu kalo tes ini pun nenek gue bisa.
“Ayo kamu selanjutnya, wih badannya gede yah” kata si petugas. 
“Iya dong pak, fitnes” kata gue padahal sering molor dan ngebacol doang. 
“Pegang ini besi kuat-kuat yah” kata si petugasnya dengan mesra (najis) 
“Oke pak sudah” kata gue megang dengan sekuat tenaga. 
“1..2…3” kata si petugas sambil narik besi itu dari gue dengan semangat. 
“Anjing!!” kata gue pelan banget “Ini petugas kenceng banget, mau tes fisik apa ikutan debus banten” kata gue dalam hati. 
“Yaelah lepas satu, badan besar tapi tenaga cewek” kata dia ngeledek.
“Anjing” kata gue dalam hati. Semua pada ketawa saat tuh utusan neraka jahanam ngeledek gue. Disitu gue malu banget. Dalam hati bilang “pak kalo mau seleksi power rangers mending di Serbia atau di Zimbabwe lah” dengan kesalnya gue langsung keluar saat tes selesei.
Gue pun nyerita ke babeh dan dia malah ngakak. Susah emang jadi cowok keren lemah lembut tapi saat di tes fisik malah jadi kucing doraemon yang nangis barengan sama nubitol eh nobita.

V_____V

Kembali ke SMA gue tercinta setanah sebangsa dan sekonoha. Saat itu gue masuk kelas XD (Sepuluh De) dengan suasana baru dan teman-teman baru. Rasanya baru kemarin gue mecahin lampu neon sampe sekelas histeris layaknya film Sadako vs Pocong 3D di salah satu sekolah SD negeri.

Gue saat itu duduk dengan yang namanya Faiz. Kenapa gue mau duduk sama ini anak? Karena pas MOS (Masa Oral Sesat) gue sekelas sama dia, gugus-gugusan gt lah bukan gugusan bintang emangnya ramalan zodiak.
“Oi gue duduk sama lu ya?” Tanya gue ke si Faiz. 
“Oh iya gue juga ga pada kenal” sahut dia.
Oke gue udah dapet temen dan kita saling ngobrol satu sama lain. Dia sekolah disini karena dia adalah salah satu anak anggota TNI AU Husein Sastranegara. Gue udah lupa dia milih sekolah negeri atau engga dulu yang pasti gue udah punya temen sekarang.

Hari kitu kita perkenalan dengan wali kelas. Gue bergumam dalam hati semoga aja wali kelasnya cewek, cantik dan keibuan. Gue orangnya pendiem dan ga banyak tingkah seperti temen di belakang gue yang emang kelihatan nakal.

Saat itu gue sedang ngobrol dengan temen gue yang cewek namanya Eva. Dia orangnya cepet gaul dan cantik pula, namun rambutnya itu kaya singa yang udah lama tidur, ya mirip -mirip sleeping beauty gitu.
“Woi ada guru masuk” teriak salah satu temen sekelas gue.
Kita pun sekelas pada diem nunggu dengan manis manjah kaya mimi peri siap nerkam santapan. Guru wali gue pun masuk dan ternyata dia seorang pria, dengan kepala sedikit plontos, agak kemayu, mukanya males-malesan kaya squidward dan pendek.
“Selamat pagi semua” kata dia. 
“Anjrit” Kata gue “bukan cewek, kecewa deh” gumam gue dalam hati. 
“Pas sekali yah ini masuk mata pelajaran saya pertama” kata dia datar. 
“Oh iya saya belum perkenalkan diri yah ke kalian” kata dia lagi.
Dengan tenangnya dia menuliskan namanya di papan tulis kapur seperti merangkai puisi karya Kalil Gibran (bener ga?) beneran deh artistik banget tulisannya. Ini kan pelajaran fisika apa seni rangkai kata alay?
“Perkenalkan saya adalah wali kelas kalian dan ini nama saya” katanya sambil nunjuk papan. 
“ARTUPAS IDA NEHU?” kata gue dalam hati “Ini nama apa merk sepatu?” kata gue lagi. 
“Fik, tebak dia orang mana” kata si Faiz. 
“Hmmm gue tebak dia Maluku Iz” jawab gue. 
“Tapi dia kayanya orang sunda Fik” sahut dia. 
“Mana ada anjrit, nama aneh gitu orang sunda” jawab gue sedikit heran.

Setelah rame karena nama dan pembawaannya seperti guru paling bijaksana dimuka bumi. Dia pun bangkit dari bangku dan menjelaskan namanya dengan secara detail mungkin.
“Pasti kalian berfikir kalo saya bukan orang bandung” kata dia. 
“Iya pak” kata sekelas, namun gue cuek sambil menggambar. 
“Baik nama saya itu Uhen Adi Saputra, saya asli bandung yah bukan orang Indonesia timur” Katanya dengan senyum ala Fenie Rose. 
“Anjing” kata gue “Iz, namanya dibalik, emang nih guru gokil hahaha” gue ketawa ngakak bareng si Eva, Faiz dan yang lainnya.
Memang membekas di relung hati gue yang terdalam karena perkenalannya yang aneh juga pembawaannya seperti squidward. Mungkin kalo gue jadi guru ngikutin cara perkenalan dia pasti anak-anak kelas bilang “PAK, NAMANYA ASING, ORANG SURINAME YAH? ATAU JAWANIS BELANDASUS MNINGITUS?

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer